CARA BELANJA MOBIL BEKAS: Panduan Lengkap dari Awal Sampai Selesai Tentang Cara Beli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bisa menjadi proses yang rumit karena tidak ada dua mobil bekas yang sama. Setiap mobil memiliki sejarah unik yang dapat menguntungkan Anda atau menjadi mimpi buruk terbesar Anda. Selain langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan harga mobil baru yang bagus, saat membeli kendaraan bekas ada langkah tambahan yang harus Anda perhatikan.

Salah satu langkah terpenting adalah memastikan untuk menjalankan  laporan riwayat mobil bekas  selain meminta mekanik bersertifikat memeriksa mobil di lift. Mengapa Anda harus menghabiskan uang hasil jerih payah Anda untuk mekanik? Lebih baik membayar mekanik sekarang daripada menghabiskan ribuan untuk perbaikan nanti.

1. Temukan Mobil Bekas yang Tepat untuk Anda

Langkah ini mungkin tampak jelas tetapi Anda tidak harus pergi ke dealer mobil bekas dan memulai proses belanja. Pertama, Anda harus mencari iklan baris mobil bekas online. Kunjungi situs web surat kabar lokal untuk melihat iklan baris otomotif guna melihat iklan mobil yang dekat dengan Anda. Namun, untuk mendapatkan pilihan terbesar, kami menyarankan Anda menggunakan situs yang lebih besar dengan ribuan daftar seperti yang disebutkan di bawah ini.

2. Menyelidiki Sejarah Mobil

Ini adalah tip paling penting untuk diikuti saat membeli mobil bekas. Apa pun yang Anda lakukan, Anda tidak boleh membeli mobil tanpa terlebih dahulu memverifikasi apa yang Anda beli dengan menjalankan laporan riwayat. Saya mendapatkan banyak email dari orang-orang yang akhirnya membeli mobil bekas dan kemudian mengetahui bahwa mobil itu telah rusak. Ada toko bodi yang profesional dalam membuat mobil terlihat bagus. Itu bisa terjadi pada siapa saja. Jika VIN tidak tercantum dengan jelas di iklan dan penjual tidak mau memberikannya kepada Anda, lanjutkan ke mobil berikutnya. Mereka kemungkinan besar mencoba menyembunyikan sesuatu. Karena Anda biasanya membeli mobil bekas “Apa adanya”, Anda pasti ingin mengetahui masalah apa pun sebelum membeli.

3. Pembiayaan Mobil Bekas

Pembiayaan ditangani secara berbeda tergantung pada apakah Anda membeli dari dealer atau pihak swasta. Either way, sebagian besar bank tidak akan memberi Anda pinjaman untuk mobil yang lebih tua dari 4 atau 5 tahun. Secara umum, Anda akan membayar APR setidaknya 2% lebih tinggi untuk mobil bekas daripada yang Anda bayarkan untuk pinjaman mobil baru, tetapi Anda dapat mengimbanginya dengan menggunakan pemberi pinjaman online yang mengkhususkan diri dalam pembiayaan mobil bekas seperti yang kami rekomendasikan. Cobalah untuk memiliki skor kredit Anda di atas 680 karena Anda akan dianggap sebagai peminjam utama dan mendapatkan APR serendah mungkin. Jika kredit Anda benar-benar buruk, Anda mungkin ingin mencoba dan memperbaikinya sebelum membeli mobil, untuk informasi menarik lainnya Anda dapat mengunjungi https://otodomain.com.

4. Negosiasi Seperti Profesional

Dari semua langkah untuk membeli mobil bekas, negosiasi satu lawan satu adalah yang paling menakutkan! Anda perlu menggunakan semua informasi yang tersedia untuk keuntungan Anda untuk menurunkan harga. Sebelum Anda mulai bernegosiasi, investasikan waktu untuk melakukan semua riset yang kami rekomendasikan. Karena ada begitu banyak yang harus dipelajari tentang negosiasi, kami telah menulis satu halaman penuh saran untuk Anda.

5. Menutup Kesepakatan

Sekarang setelah negosiasi harga Anda selesai, sekarang saatnya menyelesaikan transaksi. Anda tidak boleh membayar tunai karena jika terjadi kesalahan, Anda mungkin kesulitan mendapatkan uang Anda kembali. Selain itu, membawa uang tunai dalam jumlah besar juga berbahaya. Anda harus membayar dengan kartu kredit jika memungkinkan atau cek jenis tertentu (pribadi, cek resmi, dll.). Dengan kartu kredit atau cek Anda memiliki jejak kertas dan beberapa jalan lain yang tersedia jika terjadi kesalahan.

Salah satu hal tersulit yang harus dihadapi saat menyelesaikan pembelian mobil bekas adalah saat penjual masih berhutang. Ini seharusnya hanya terjadi ketika Anda membeli dari pihak swasta. Pemberi pinjaman memegang judul dan Anda harus membuat perjanjian dengan mereka agar wesel tersebut dilunasi dan judul ditransfer kepada Anda.

6. Dapatkan Perpanjangan Garansi untuk Melindungi Pembelian Anda

Jika Anda membeli mobil bekas yang tidak lagi tercakup dalam garansi pabrik, Anda berisiko mendapatkan perbaikan yang mahal. Itu sebabnya CarBuyingTips.com merekomendasikan agar Anda mendapatkan perpanjangan garansi kapan pun Anda berada dalam situasi ini. Di bagian perpanjangan garansi, kami meninjau situs garansi berkualitas tinggi. Mereka menawarkan garansi yang diperpanjang dengan harga yang jauh lebih rendah daripada yang akan Anda temukan di dealer. Jika Anda membeli mobil bekas berusia 3 atau 4 tahun, kemungkinan garansi pabrik telah habis dan Anda akan bertanggung jawab atas biaya perbaikannya. Jangan tertipu oleh jaminan “powertrain” jarak tempuh yang tinggi karena ini tidak mencakup masalah yang paling umum. Lakukan riset untuk menentukan apa yang sebenarnya dicakup oleh pabrikan dan apa yang tidak.

Jika Anda membeli mobil Anda dari penjual pribadi, itu akan selalu “Apa Adanya”. Saya tidak berpikir Anda benar-benar punya pilihan dalam hal ini dan Anda harus membeli garansi yang diperpanjang atau Anda mengambil terlalu banyak risiko.

7. Kiat Bonus

Mobil Bekas dari Perusahaan Rental

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika berpikir untuk membeli mobil bekas sewaan. Perusahaan biasanya mengikuti perawatan yang direkomendasikan sehingga komponen utama seperti mesin mungkin dalam kondisi lebih baik daripada mobil milik orang pribadi. Secara kosmetik Anda mungkin menemukan lebih banyak goresan dan bantingan kecil terutama di sekitar bagasi karena orang tampaknya tidak dapat mengangkat barang bawaan mereka. Perusahaan persewaan cenderung mengambil mobil dari layanan setelah satu atau dua tahun sehingga Anda akan mendapatkan mobil yang relatif baru yang telah terpelihara dengan baik. Karena mereka tidak ingin berurusan dengan negosiasi, mereka biasanya akan memiliki harga “tidak ada tawar-menawar”. Jika Anda tidak ingin berurusan dengan negosiasi tetapi menginginkan mobil yang bagus dengan harga yang layak, opsi ini mungkin cocok untuk Anda.

Mitos Mobil Bekas: “Mobil yang dijual oleh dealer besar harus baik-baik saja!”

Di mana pun Anda membeli, Anda harus melakukan uji tuntas. Kami telah melihat mobil mewah bekas bersertifikat yang sebelumnya telah rusak atau memiliki masalah lain. Sebuah mobil total dijual sebagai “bersertifikat” oleh dealer Mercedes-Benz. Dealer suka mengiklankan hal-hal seperti inspeksi 175 titik tetapi pada kenyataannya ini tidak berarti banyak dan mereka benar-benar tidak berbuat banyak untuk merekondisi mobil selain perincian normal. Silakan lakukan pemeriksaan latar belakang yang tepat pada mobil bekas apa pun dan dapatkan laporan VinHistory.

Jangan Mengandalkan Mobil Bekas Lemon Law!

Hukum lemon umumnya ditulis untuk melindungi pembeli mobil baru. Sebagian besar negara bagian tidak memiliki undang-undang lemon untuk mobil bekas. Karena undang-undang ini berbeda-beda, periksa situs web Jaksa Agung negara bagian Anda untuk melihat apa yang mungkin berlaku.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *