Ortho-K, Mata Minus Jadi Normal Tanpa Operasi

Ortho-K, Mata Minus Jadi Normal Tanpa Operasi

Lensa kontak biasa digunakan untuk menanggulangi rabun jauh. Namun, saat ini ini ada lensa tertentu yang dibuat oleh dokter spesialis mata untuk melakukan perbaikan kelainan refraksi akibat rabun jauh. Lensa ini dikenal bersama dengan lensa orthokeratology atau ortho-k. Lensa ortho-k memiliki cara pemakaian yang tidak serupa bersama dengan lensa kontak biasa. Fungsinya tidak sekadar melakukan perbaikan penglihatan waktu layaknya lensa kontak, melainkan bertujuan mengurangi minus terhadap mata.

Apa kegunaan orthokeratology (ortho-k)?
Lensa orthokeratology (ortho-k) berfungsi mengoreksi kelainan refraksi (pembiasan), khusunya rabun jauh, bersama dengan cara melakukan perbaikan bentuk kornea mata.

Pemakaian lensa ortho-k secara teratur bisa membuat perubahan kelengkungan kornea mata untuk sementara. Lensa ortho-k kudu dipakai tiap-tiap malam waktu tidur.

Dengan begitu, tanpa pemakaian alat bantu penglihatan mata yang mengalami rabun jauh bisa menyaksikan bersama dengan lebih baik terapi ortho k .

Tidak layaknya lensa kontak yang bisa dibeli tanpa resep, lensa ortho-k kudu dirancang segera oleh dokter spesialis mata. Terapi ini konsepnya serupa bersama dengan pemasangan kawat gigi yang dijalankan oleh ortodontis.

Seperti yang dijelaskan, efek perbaikan dari orthokeratology berbentuk sementara. Perbaikan penglihatan terhadap mata rabun jauh bisa lagi layaknya semula.

Namun, Anda bisa melindungi hasil perbaikan ortho-k seumpama konsisten ikuti panduan pemakaian dari dokter.

Siapa yang perlu orthokeratology?
Ortho-k umumnya digunakan didalam pengobatan rabun jauh (miopi) atau mata minus.

Sebagian besar, terapi ortho-k dijalankan untuk mengurangi mata minus terhadap anak-anak berusia 8-12 tahun, lebih-lebih anak yang mengalami mata minus progresif.

Artinya, keadaan rabun jauh terhadap mata berkembang jadi tidak baik seiring waktu.

Anak-anak tidak direkomendasi untuk menekuni operasi refraksi mata, layaknya LASIK. Pasalnya, sistem penglihatan anak-anak tetap berkembang sampai mereka dewasa nanti.

Sementara, LASIK cuma bisa dijalankan dikala sistem penglihatan sudah stabil atau tidak mengalami perkembangan jaringan atau fungsi.

Ortho-k merupakan pilihan pengobatan non-operasi yang bertujuan memperlambat perkembangan minus terhadap anak.

Menurut American Academy of Ophthalmology, belum ada bukti tentu bahwa pemakaian lensa ortho-k secara teratur bisa menghambat problem miopi terhadap anak.

Namun, tiap-tiap orang bersama dengan mata minus terhadap dasarnya selalu diperbolehkan menekuni terapi ortho-k.

Persiapan yang kudu dijalankan sebelum terapi ortho-k
Pemeriksaan mata minus otho-k

Untuk menyebabkan lensa ortho-k, dokter kudu melakukan beberapa pemeriksaan mata lebih-lebih dulu. Pemeriksaan yang dijalankan adalah pemetaan kornea mata lewat alat yang dinamakan bersama dengan topografer.

Pemetaan kornea dijalankan bersama dengan cara merefleksikan cahaya dari topografer terhadap permukaan anggota depan mata. Dari hasil pemetaan bakal diketahui ukuran serta bentuk kornea mata.

Pemeriksaan ini bertujuan supaya lensa yang dibuat bisa mengatur bersama dengan keadaan kornea mata Anda.

Adakah efek samping atau komplikasi orthokeratology?
Setiap prosedur medis tentu memiliki efek samping, begitu pun bersama dengan ortho-k.

Pada era terapi di awal, pasien kemungkinan bakal mengalami efek samping enteng layaknya enteng silau karena benar-benar sensitif terhadap cahaya dan penglihatan buram. Namun, problem ini bakal hilang seiring bersama dengan meningkatnya kekuatan penglihatan.

Penting juga untuk diketahui bahwa terapi rabun dekat ini tidak lepas dari risiko komplikasi yang berbahaya. Beberapa komplikasi orthokeratology yang kudu diwaspadai yaitu:

infeksi mata oleh bakteri,
penurunan penglihatan secara permanen akibat infeksi,
kornea berkabut yang bisa mengarah terhadap katarak,
perubahan bentuk asli kornea, dan
perubahan tekanan bola mata.
Untuk menghindari komplikasi, pasien diwajibkan untuk teratur pemeriksaan ke dokter spesialis mata dan ikuti panduan pengobatan dari dokter.

Terakhir, sepanjang menekuni terapi Anda kudu melindungi kebersihan tangan, mata, dan lensa kontak ortho-k.

Hello Health Group tidak menyediakan panduan medis, diagnosis, atau perawatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.